Posts

Primary 6 Gathering Project

posted Jun 16, 2017, 12:42 AM by Andreas Kamalnathan


'Primary 6 Gathering Project' is the revised version of 'Primary 6 Creative Project Performance' that has always been held annually. By calling it a gathering, it is expected to create a warm and intimate atmosphere among students, teachers, and parents. Also, we were hoping that our 6th graders would feel more relaxed in carrying out their duties, both as the organizers of the event and as the performers.




     

 




Sex Education

posted Jun 16, 2017, 12:26 AM by Andreas Kamalnathan

Sex education or education on reproductive health is something that should be given to children who are in their teen years, either through formal or informal education. This is important to prevent misconceptions in sex education as well as knowledge about reproductive health among adolescents. Materials for sex education intended for teenagers mainly emphasize promoting pragmatic sexual and reproductive health care and provide frank and comprehensive information for teenagers.

Hence, on the 8th and 9th of June this year, SMK and SMA CKS held a "Group Discussion" on "Reproductive Health of Adolescents". The discussion was divided based on the class level and also gender so that students could be more open to ask questions, especially regarding the development of reproductive anatomy and personal experiences that may be perceived as taboo.

The discussion went on successfully, students were enthusiastic in asking questions. In addition to that, students were also encouraged to do "sharing" with their friends in groups. Considering that learning about sex is important and necessary for physical and mental health, CKS also involved experts such as doctors and psychologists in these discussions and of course the parents of students to establish more open communication with the students.

  

 


Kegiatan Bakti Sosial Siswa-siswa Secondary

posted Jun 8, 2017, 12:39 AM by Andreas Kamalnathan

CKS tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki siswa tetapi juga mengembangkan karakter mereka agar menjadi pribadi yang mandiri, berdaya guna, sekaligus juga peduli terhadap sesama manusia dan lingkungan sekitarnya.

Di setiap akhir Tahun Ajaran, siswa-siswa Secondary CKS selalu melakukan kegiatan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan dalam bentuk barang kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Barang-barang yang disumbangkan merupakan hasil dari kerja keras seluruh siswa dan guru SM yang telah melakukan berbagai kegiatan pengumpulan dana selama setahun ini.

Tempat tujuan Bakti Sosial mereka tahun ini adalah Yayasan Pendidikan Zu Tsaqif yang berlokasi di Jalan Utama Taman Permata Blok E No. 80, Desa Kolam Kecamatan Percut.

Adapun barang-barang yang mereka sumbangkan antara lain sebagai berikut:
  • Untuk Sekolah: Meja dan Kursi siswa, Lemari, Kipas Angin, Papan Tulis (Whiteboard), Alat-alat Kebersihan, Cat Dinding, Keset Kaki, Tong Sampah, dan Bingkisan untuk Berbuka Puasa.
  • Untuk Siswa: Tas Sekolah, Buku Tulis, Alat-alat Tulis, Pensil Warna, Sarung, dan Mukena.

Semoga kegiatan baik ini dapat berguna baik kepada si pemberi maupun si penerima karena tidak akan pernah ada kebaikan, walau sekecil apapun, yang menjadi sia-sia.


Leaving Ceremony – Class of 2017 Chandra Kusuma School

posted May 24, 2017, 2:27 AM by Andreas Kamalnathan

Tahun ini, CKS kembali mengadakan acara “Leaving Ceremony” yang merupakan bentuk apresiasi terhadap kerja keras seluruh siswa Angkatan 2016/2017 dimana seluruh siswa-siswa Seondary 6 ini telah berhasil menyelesaikan karya tulis ilmiah yang merupakan salah satu syarat kelulusan mereka.

Acara Leaving Ceremony terdiri dari kegiatan utama dan acara hiburan. Kegiatan utama diisi dengan prosesi pelepasan siswa yang diiringi oleh penampilan alat musik gamelan oleh IPAC, pidato dari Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, dan Guest Speaker, Louis Porfirios, yang membagikan pengalamannya selama dan sesudah menyelesaikan pendidikan di CKS.

Sedangkan acara hiburan diisi dengan tarian adat, nyanyian, tarian serta drama komedi yang seluruhnya dibawakan oleh siswa-siswa Secondary 6 CKS.

Ada banyak momen mengharukan yang terjadi selama acara ini, misalnya ketika siswa-siswa berpamitan kepada guru-guru yang telah mengajar mereka selama bersekolah di CK serta momen penuh kebanggaan yang dirasakan oleh orang tua siswa ketika menyaksikan proses pengukuhan kelulusan anak mereka.

Once again, Congratulations on Your Graduation! Wishing You Good Luck and Success All Through Your Life!


Dua Siswa Chandra Kusuma School Berhasil Mendapatkan Penghargaan di Ajang OSN dan O2SN Tingkat Kabupaten

posted May 8, 2017, 7:53 PM by Andreas Kamalnathan

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2017, pemerintah Kabupaten Deliserdang mengadakan upacara peringatan Hardiknas sekaligus penyerahan penghargaan bagi siswa berprestasi dalam ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) tingkat Kabupaten Deliserdang.

Dua siswa CKS yakni Muhammad Satria Raafi Irvia dan Devlin Chianiago turut menghadiri perayaan ini untuk menerima penghargaan atas prestasi yang telah mereka raih.

Muhammad Satria Raafi Irvia berhasil meraih Juara II Mapel IPA di ajang OSN tingkat kabupaten dan akan mewakili Deliserdang di tingkat provinsi, sedangkan Devlin Chianiago berhasil meraih Juara II cabang Bulutangkis Putra di ajang O2SN.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh bapak H. Zainuddin Mars (Wakil Bupati Deliserdang) di Alun-Alun Pemkab Deliserdang, Lubuk Pakam.

Selamat kepada Raafi dan Devlin dan terus tingkatkan prestasi kalian!

   

   


Dua Siswa Chandra Kusuma School Berhasil Meraih Beasiswa S1 ke China

posted May 2, 2017, 9:18 PM by Andreas Kamalnathan

Di Tahun Ajaran 2015/2016 yang lalu, dua siswa CKS yakni Winnie dan Jimmy Kantana Lois berhasil meraih beasiswa S1 di University Hua Qiao, kota Xiamen, China.

Beasiswa ini berupa Free Uang Kuliah selama 4 tahun dan pemberian Uang Saku sebesar 5000 yuan per tahun.

Untuk berhasil memperoleh beasiswa yang pada awalnya diinformasikan oleh salah satu Guru CKS ini mereka harus mengirimkan aplikasi ke universitas tersebut beserta dengan hasil rapor mereka mulai dari Secondary 4 s.d Secondary 6. Nantinya, Universitas Hua Qiao akan menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan nilai rapor yang mereka kirimkan.

Winnie dan Jimmy sama-sama mengambil jurusan Bahasa Mandarin dan sekarang telah memasuki tahun kedua mereka di Universitas Hua Qiao.

Ada banyak hal positif yang telah mereka peroleh selama satu tahun berkuliah di China. Menurut Winnie “Fasilitas yang diberikan sangat baik. 1 minggu pertama disini pihak universitas bawa kita ke beberapa tempat yang lumayan terkenal di Xiamen. Saat pembelajaran sudah dimulai saya sadari kalau tugas yang diberikan juga tidak sebanyak tugas kalau kuliah di Indonesia. Saya dengar dari beberapa teman saya yang kuliah di Indonesia tugasnya menumpuk. Di sisi ini saya merasa sangat bersyukur.”

Sedangkan menurut Jimmy hal-hal positif yang dia peroleh adalah teman dari berbagai negara dan dapat mengikuti pertandingan wushu, “Saya disini ada teman baru dari berbagai negara dan pelajaran disini cukup menyenangkan tapi yah seperti biasa tulisan Mandarin itu sulit diingat dan sulit ditulis. Disini saya pernah disuruh bertanding Wushu karena teman saya selalu bilang ke guru olahraga kalau saya pernah latihan wushu di Indonesia. Akhirnya saya diseleksi dan lolos untuk bertanding memegang nama HuaQiao Da Xue. Saya sangat kaget karena yang bertanding semua orang China dan cuma saya sendiri orang luar negeri”.

Sudah ada beberapa siswa yang mengajukan aplikasi beasiswa yang sama untuk tahun ajaran depan dan semoga mereka juga berhasil meraih impiannya untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Berikut ini akan kami sertakan testimoni beserta beberapa foto mereka selama berkuliah di China.

   

Klik pada gambar untuk ukuran besar

 


Fira Fatmasiefa dan Bramasto Rahman Prasojo Berhasil Meraih 2 Medali Emas di Ajang ICYS 2017 (International Conference of Young Scientist) Jerman

posted May 1, 2017, 7:25 PM by Andreas Kamalnathan

Satu lagi prestasi membanggakan telah berhasil ditorehkan oleh siswa Sekolah Chandra Kusuma. Fira Fatmasiefa dan Bramasto Rahman Prasojo yang mewakili Indonesia di Ajang ICYS di Stuttgart, Jerman berhasil meraih 2 medali emas dalam bidang Computer Science untuk Research Presentation dan Poster Session.

Dengan penelitian yang berjudul “Braille Learning Algorithm” yang membahas mengenai pembuatan alat bagi tunanetra untuk belajar Braille secara mandiri, Fira dan Pras berhasil menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil meraih Medali Emas.

Keseluruhan rombongan Indonesia berhasil meraih 2 Medali Emas, 4 Medali Perak, dan 2 Penghargaan Khusus.

Selamat kepada putra-putri Tim ICYS Indonesia atas prestasi yang membanggakan ini khususnya kepada Fira dan Pras.

GREAT Job Fira and Pras! We are so Proud of You!

  

Children’s Garden & Primary 1 Art Performances: The Adventures of Tom Sawyer

posted May 1, 2017, 7:16 PM by Andreas Kamalnathan

Children’s Garden & Primary 1 Sekolah Chandra Kusuma akan kembali mengadakan “Art Performance” tahunan mereka.

Tahun ini tema yang diangkat adalah “The Adventure of Tom Sawyer” didasarkan pada cerita klasik karya Mark Twain. Kisah ini bercerita tentang seorang anak bernama Tom dan teman-temannya untuk mencari harta bajak laut yang tersembunyi.

Pementasan yang melibatkan seluruh siswa Children’s Garden dan Primary 1 ini akan diadakan pada:

Tanggal : 10 Mei 2017
Waktu : 14.00-16.00 Wib
Tempat : Auditorium Sekolah Chandra Kusuma

Tiket Art Performance ini dapat dibeli di Lobby Children’s Garden (c.p. Ms. Grace)

Datang dan saksikan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi seluruh siswa untuk mengekspresikan bakat mereka!

K1 Field Trip

posted Apr 10, 2017, 1:59 AM by Andreas Kamalnathan

Siswa-siswa Children’s Garden Chandra Kusuma School tidak hanya memperoleh pengetahuan secara teori tetapi juga diperdalam dengan praktek dan kunjungan langsung ke lapangan.

Jika sebelumnya siswa-siswa K2 dan Playgroup telah mengikuti Field Trip maka sekarang adalah giliran siswa-siswa K1.

Field Trip ini diadakan pada tanggal 30 Maret 2017 dimulai dari pukul 08.00 s.d 11.00 Wib dengan daerah tujuan Sekolah Alam Medan.

Ada banyak kegiatan menarik yang mereka lakukan selama mengikuti kegiatan Field Trip antara lain seperti Sarapan Bersama, Membuat Telur Asin, Melukis Tas, dan Menangkap Ikan.

Hal-hal seperti ini tentu saja tidak dapat mereka peroleh jika mereka terus menerus belajar di dalam kelas.

Semoga hal-hal yang telah siswa-siswa ini pelajari selama Field Trip dapat lebih memperluas wawasan dan pengalaman mereka.


Playgroup (PG) Field Trip

posted Apr 3, 2017, 2:04 AM by Andreas Kamalnathan

Rangkaian kegiatan Field Trip Children’s Garden Chandra Kusuma School di semester II Tahun Ajaran 2016/2017 terus berlanjut dengan diadakannya Field Trip Playgroup pada hari Rabu tanggal 29 Maret 2017 yang lalu.

Tujuan Field Trip mereka adalah Edu Toys City yang berada di Centre Point Mall, Medan.

Selama mengikuti kegiatan Field Trip siswa-siswa ini melakukan banyak kegiatan antara lain seperti Mewarnai dengan Clay, Mengidentifikasi Warna, serta Bermain (Role Play).

Melalui kegiatan ini mereka dapat mempelajari banyak hal yang tidak dapat mereka peroleh melalui pembelajaran di dalam kelas.

Semoga kegiatan Field Trip ini dapat semakin memperluas pengalaman dan pengetahuan mereka.


1-10 of 230