Posts‎ > ‎

Back to Village

posted May 17, 2016, 8:00 PM by Harry Kurniawan
Pernahkah Anda memperhatikan bahwa generasi muda sekarang tidak terlalu mengenal budaya mereka sendiri? Mereka yang terlalu cuek atau justru kita yang tidak pernah memperkenalkannya kepada mereka?

Dengan tujuan agar para siswa lebih mengenal lingkungan sekitar mereka serta agar mereka dapat lebih mandiri, maka Sekolah Chandra Kusuma mengadakan program “Back to Village”.

Program ini ditujukan untuk siswa-siswa yang berada di kelas 11. Daerah tujuan program Back to Village kali ini adalah Desa Sipolha di Kabupaten Simalugun.

Kegiatan yang diadakan dari tanggal 6 sampai dengan 8 April 2016 telah banyak memberikan pelajaran berharga kepada para siswa. Jika selama ini mereka hidup nyaman dimana semua keperluan mereka telah disiapkan oleh orangtuanya, maka kali ini mereka belajar untuk mempersiapkan segala sesuatunya sendiri.

Banyak kegiatan yang telah mereka lalukan selama mengikuti kegiatan ini. Antara lain misalnya mengajar siswa-siswa di SD Neg 095135 Sipolha, belajar berkano, mengutip dan mengumpulkan sampah, belajar bersama para siswa di daerah sekitar, memetik dan menggiling kopi di ladang, memancing di kolam ikan sekaligus mempelajari proses produksi pengolahan ikan. Selain itu mereka juga diharuskan untuk mencuci piring dan menyajikan makanan mereka sendiri.

Kegiatan Back to Village ini tentunya akan memperbaharui perspektif mereka terhadap lingkungan sekitar. Perkenalan secara langsung terhadap budaya dan adat istiadat setempat akan mengajarkan mereka untuk lebih menghargai kebudayaan mereka sendiri. Semoga kemandirian dan pengetahuan yang telah mereka peroleh dapat semakin menambah wawasan mereka kedepannya.

shortlink: http://goo.gl/hufxaR














Comments