Posts‎ > ‎

CLARISSA, SISWI SD CHANDRA KUSUMA MENGIKUTI DOKTER KECIL AWARD 2014 TINGKAT NASIONAL DI JAKARTA

posted Nov 5, 2014, 11:12 PM by jimmy.pandiangan@chandrakusuma.com   [ updated Nov 10, 2014, 9:02 PM ]
Sejak kecil kita telah diajarkan untuk mempunyai cita-cita, baik oleh orang tua maupun guru di sekolah. Cita-cita menjadi dokter termasuk menjadi salah satu cita-cita yang sangat favorit. 

Bagi siswa-siswi SD Chandra Kusuma, peluang untuk menjadi seorang dokter kelak setelah dewasa sangatlah terbuka lebar. Dikarenakan sejak dini mereka telah diberikan kesempatan untuk mengikuti ekstrakurikuler Dokter Kecil di sekolah.

Salah satu contoh dapat kita lihat pada Clarisa Paulien Ritonga. Siswi kelas 5 SD Chandra Kusuma ini telah mengikuti ekstrakurikuler Dokter Kecil sejak kelas 3 SD.  
Berkat bekal yang didapatnya selama 2 tahun oleh guru pembimbingnya di ekstrakurikuler tersebut, Clarisa berhasil menjadi salah satu wakil dari Sumatera Utara untuk mengikuti Seleksi Dokter Kecil Award tingkat Nasional di Jakarta pada 17 - 20 November 2014.

Berikut cerita singkat bagaimana perjalanan Clarisa dapat menjadi Duta Sumatera Utara di Seleksi Dokter Kecil Award tingkat Nasional 2014....

"Dokter Kecil Award merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia yang selalu diikuti oleh Sekolah Chandra Kusuma. 

Diawali dengan Seleksi Dokter Kecil Award 2014 tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang dilaksanakan oleh Pengurus IDI wilayah Sumatera Utara pada Sabtu, 6 September 2014 lalu. 

Sekolah Chandra Kusuma berpartisipasi dalam seleksi tersebut, dengan mengirimkan seorang siswi perwakilan sekolah yaitu Clarissa Paulien Ritonga.  Dengan didampingi guru pembimbing yaitu Ms. Sarmauli, Ms. Dewi Nainggolan dan Ms. Elfrida, Clarissa mengikuti seleksi Dokter Kecil Award wilayah Sumut di RS. Columbia Asia dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

Seleksi terdiri dari 5 tahap yaitu : Seleksi Tertulis, Mengarang, Perkenalan, Wawancara dan Final.

Pada tahap pertama, peserta seleksi menjawab 50 soal yang terdiri dari pilihan ganda dan isian dalam waktu 60 menit. Clarissa mengaku mampu menyelesaikan soal pilihan ganda dengan lebih cepat, namun awalnya ia mengalami kesulitan menjawab soal isian. Hingga akhirnya Clarissa membaca soal-soal dari awal, dan akhirnya menemukan jawabannya disana. "Selesai deh!" kata Clarissa saat ditanya bagaimana akhirnya ia mampu menyelesaikan soal isian pada tahapan tersebut. 

Tahap kedua, peserta diberikan beberapa pilihan tema dan waktu 30 menit untuk menyelesaikan karangan. Clarissa memilih tema "Bersih Itu Indah" dengan judul "Being Healthy Makes Us Happy" dan tidak mengalami kesulitan di tahap kedua ini.

Memasuki tahap ketiga, Clarissa juga tampil percaya diri memperkenalkan dirinya dan ekstrakurikuler yang diikutinya di sekolah sambil berinteraksi dengan hadirin. Dan di tahap wawancara juga dilaluinya dengan senyum kebanggaan yang mempesona dari dokter yang mewawancarainya. 

Setelah menyelesaikan tahap wawancara panitia mengumumkan peserta yang masuk 6 besar, dan Clarissa merupakan salah satunya. Pada tahap akhir tersebut, Clarissa mendapat giliran pertama untuk menjawab pertanyaan dari dokter. Clarissa mampu menjawab pertanyaan - pertanyaan dari dokter dengan tegas dan tepat.

Dan tiba pada saat pengumuman pemenang, Clarissa terpilih menjadi Juara II. Berhak mendapatkan piala, bingkisan dan uang tunai serta menjadi Wakil Sumatera Utara untuk dikirim ke Jakarta mengikuti Seleksi Dokter Kecil Award tingkat Nasional. 

Sejak pertengahan September 2014 lalu, Clarissa sudah mendapat pembekalan intensif dua kali seminggu di kantor IDI oleh dokter - dokter berpengalaman dan pembekalan ini akan berlangsung hingga 14 November 2014. 

Tentunya besar harapan kita agar Clarissa nantinya dapat menjadi Juara Dokter Kecil Award 2014 tingkat Nasional yang membawa harum nama Sumatera Utara dan Sekolah Chandra Kusuma."

(shortlink : http://goo.gl/aONgv9)








Comments