Posts‎ > ‎

Hasil Panen Pertama Kebun Children’s Garden

posted Jan 20, 2017, 12:34 AM by Andreas Kamalnathan
Siswa-siswa di Sekolah Chandra Kusuma tidak hanya diajarkan ilmu pengetahuan yang tertulis di buku. Mereka juga diajarkan untuk melakukan praktek langsung ke lapangan sehingga mereka akan memiliki keahlian yang dapat mereka pergunakan kelak di masa depan.

Karenanya, CKS selalu memiliki program-program yang menyediakan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan bakat mereka.

Sejak bulan Agustus 2016 yang lalu, Children’s Garden telah mulai mengajarkan siswa-siswanya untuk berkebun. Siswa -siswa ini telah menanam beberapa jenis sayuran di kebun Children’s Garden. Untuk beberapa waktu kegiatan berkebun ini masih berupa percobaan dan menghasilkan sayuran dengan kualitas yang masih kurang baik tetapi anak-anak sangat menyukai proses yang harus melakukan seperti menanam, menyiram, dan lain sebagainya.

Anda pasti bertanya-tanya mengapa anak-anak diajarkan untuk berkebun? Apa pentingnya kegiatan ini bagi mereka? Mengapa berkebun adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki?

Berkebun mengajarkan anak-anak tentang dari mana makanan yang mereka makan berasal, mengajarkan mereka kesabaran dan ketekunan, serta mengajarkan mereka mengenai proses perkembangan alam.

Berkebun juga dapat membantu kesehatan mental mereka karena dengan berkebun mereka akan sering berada di luar ruangan serta terekspos ke dunia luar di sekitarnya sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka.

Selain itu, kemampuan untuk dapat menanam makanan sendiri adalah sama pentingnya dengan kemampuan untuk menjadi seorang ahli komputer maupun pengusaha yang sukses di kemudian hari nanti.
Berikut ini adalah foto-foto kegiatan berkebun serta hasil panen mereka. Kali ini, siswa-siswa Playgroup dan Kindergarten 1 berhasil memanen labu kuning yang rencananya akan mereka olah di kelas Cooking.

Selamat atas keberhasilan mereka. Semoga kedepannya mereka dapat memperoleh hasil panen yang lebih baik lagi!



   
     
   

Comments