Posts‎ > ‎

Pameran Pendidikan Dalam Rangka Peringatan Hardiknas

posted May 12, 2015, 3:32 AM by Harry Kurniawan   [ updated May 12, 2015, 3:43 AM ]
Turut  berpartisipasi dalam berbagai  kegiatan  yang  menunjang  eksistensi  pendidikan  memang  menjadi prioritas  Sekolah  Chandra  Kusuma  di bawah naungan  Yayasan Pendidikan  Cemara Asri.

Pameran Pendidikan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deliserdang di lapangan KB  Lubuk Pakam ini buktinya. Pameran yang dilaksanakan mulai tanggal 30 April – 02 Mei 2015 ini diikuti oleh berbagai sekolah yang dihunjuk dari berbagai kawasan se-Kabupaten Deliserdang. Sekolah Chandra  Kusuma  yang  turut  mewakili  sekolah-sekolah  swasta  tampil dengan dekorasi stand  yang berbeda dari stand sekolah  atau instansi yang lain. Stand CK yang mengusung konsep mesopotamia ini juga berbeda, karena tidak dipadati oleh pajangan-pajangan yang terlihat “sesak”, namun lebih kepada pertunjukan musik, eksperimen-eksperimen, dan permainan-permainan edukatif.

Pameran dibuka oleh Bupati Deliserdang Bapak  H. Ashari Tambunan pada pukul 10.00 WIB. Selepas pembukaan, Bapak Bupati beserta Ibu berkeliling meninjau stand-stand pameran. Gerimis yang mengiringi suasana pembukaan tidak menyurutkan semangat para peserta pameran, tak terkecuali murid-murid dan guru-guru dari Sekolah Chandra Kusuma. Di bawah guyuran gerimis, harmoni musik etnis Batak dari alat-alat musik tradisional seperti sitar, taganing dan gong tetap indah mengalun. Persembahan musik dari IPAC Chandra Kusuma ini mendapat apresiasi yang hangat dari Bapak Bupati dan Ibu serta para pengunjung yang lain.

Sebelumnya Bapak Bupati beserta Ibu mencermati percobaan-percobaan sains yang dipersembahkan oleh Siswa SD Chandra Kusuma. Cedric Antony siswa kelas 6B dan Satria Rafi siswa kelas 3C sebagai duta SD menampilkan; Mentos Diet Coke Geyser (membuat pancuran dengan reaksi soda coke dan permen mentos), Flying Tea Rocket (Roket Teh), Self inflating Balloon using Coke Soda (Meniup  balon dengan reaksi soda Coca cola), Needle through a balloon (Menusuk balon dengan jarum tanpa pecah). Eksperimen-eksperimen ini juga mendapat respon yang luar biasa bukan hanya dari Bapak Bupati beserta Ibu, tapi juga dari para pengunjung yang mampir ke anjungan Sekolah Chandra Kusuma.

Siswa-siswa dari berbagai tingkatan yang hadir di stand CK pada saat pameran berlangsung  juga sangat antusias melihat percobaan-percobaan sains yang ditampilkan. Berbagai reaksi pun muncul, mulai dari rasa kagum, rasa heran, dan rasa penasaran. Namun semua rasa itu dapat dipenuhi oleh siswa Chandra Kusuma dengan cermat, meski sempat muncul rasa canggung dari mereka pada awalnya. Permainan keseimbangan “Zenga” yang ditampilkan juga mampu menarik antusiasme pengunjung dan membuat mereka penasaran untuk membuat rancang bangun yang seimbang dari tumpukan balok simetris setinggi mungkin. 

Meski even ini harus mengorbankan “hari libur” namun staff dan guru yang terlibat dalam rangkaian tugas selama pameran tetap bersemangat. BRAVO TEAM!!












Comments