Posts‎ > ‎

Peringatan Hari Bumi 2013 SD Chandra Kusuma Deliserdang

posted Apr 22, 2013, 11:14 PM by Harry Kurniawan   [ updated Apr 23, 2013, 1:49 AM ]
Peringatan Hari Bumi setiap tanggal 22 April merupakan hari di mana segenap umat di dunia memperingatinya sebagai bagian refleksi manusia untuk peduli terhadap lingkungan dan menyadarkan manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Perjuangan untuk mencapai lingkungan yang baik semestinya  sudah dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, misalnya : membuang sampah pada tempatnya. Dan tentunya dengan berbagai kegiatan yang dikemas untuk menginformasikan dan mengkampanyekan penghentian kerusakan bumi serta sebagai ajang untuk menyadarkan manusia tentang pentingnya bumi ini bagi kelangsungan hidup kita dan generasi yang akan datang.

Begitu juga di SD Chandra Kusuma yang berlokasi di Perumahan Cemara Asri, Deliserdang, peringatan Hari Bumi 2013 dilaksanakan dari pagi hari hingga sore harinya.


Tema yang diangkat kali ini adalah " Ten Activities to Save Our Earth", yang tujuan utamanya selain untuk memperingati Hari Bumi, juga mengajak seluruh komponen Chandra Kusuma School untuk lebih menghargai lingkungan dan berusaha untuk melestarikan lingkungan.

Kegiatan di pagi hari diawali dengan Semarak Senam Shampoo yang dipimpin langsung dari Team HEARTINDO dan melibatkan seluruh siswa - siswi SD Chandra Kusuma kelas 2 hingga kelas 6. 

Kemudian beberapa kegiatan lain yang diadakan seperti; 

- Praktik cuci tangan, yang bertujuan memberikan pelatihan cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada siswa - siswi dan guru Chandra Kusuma.

-  Lomba dan Pameran fotografi lingkungan, yang dapat diikuti siswa - siswi kelas 5 - 6 SD dan pengambilan foto dapat dilakukan dengan menggunakan kamera atau ponsel genggam.

-  Lomba dan pameran tempat sampah organik/non organik, dimana tempat sampah yang dibuat berasal dari tempat cat bekas yang berukuran paling besar baik kaleng ataupun plastik. Kemudian siswa dapat menghias tempat sampah tersebut dan memamerkan hasil karya mereka. 

- Lomba recycle botol bekas, siswa ditugaskan untuk membuat barang bermanfaat dari botol plastik bekas dalam waktu yang telah ditentukan.

- Pertukaran barang bekas dengan jeruk, setiap siswa dan guru dapat menukarkan barang bekas seperti botol plastik, kardus, kertas. koran dan buku bekas dengan sebuah jeruk.

- Pembibitan buah dan sayur, berupa pertanian organik dimana siswa - siswi diajak untuk menanam bibit bayam, kangkung, markisa, dll di lahan pembibitan yang berada di halaman belakang Chandra Kusuma.

Dari pelaksanaan Hari Bumi 2013 ini terlihat kalau seluruh komponen Sekolah Chandra Kusuma ikut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi, dan diakhir kegiatan dilaksanakan pengumuman pemenang dari masing - masing perlombaan sekaligus juga acara penutupan.

 

  
    

Comments