Posts‎ > ‎

Prestasi Chandra Kusuma di Lomba Peneliti Belia Sumatra Utara

posted Sep 15, 2015, 8:23 AM by Harry Kurniawan
Sekolah Chandra Kusuma tahun ini menyapu bersih semua medali emas yang diperebutkan dalam kegiatan Lomba Peneliti Belia Sumatera Utara (LPBSU) 2015.

LPBSU adalah kegiatan lomba riset ilmiah remaja (siswa SMP, SMA, SMK, MA/MTs) dibidang Ekologi (Life Science & Environment Science), Fisika, Komputer, Matematika, dan Psikologi. Lomba ini dimaksudkan untuk menumbuhkan iklim penelitian di kalangan siswa sekolah menengah sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang sains dan mengembangkan penelitian di Sumatera Utara.

Dengan banyaknya para pesaing yang juga ikut dalam kegiatan ini tidak menyurutkan semangat dan kepercayaan diri para siswa dan hal ini dibuktikan dengan tampilnya mereka menjadi juara. Lomba Peneliti Belia Sumatera Utara (LPBSU) yang penyelenggaraan tahun ke-6 pada 2015 ini diadakan di The Tiara Convention Hotel, Medan pada tanggal 12 September 2015 diikuti oleh 10 Sekolah dengan 62 judul penelitian yang diperlombakan.

Tampil sebagai juara I dalam kategori Life Science Christine Aurelia Huang dari SMA Chandra Kusuma dengan judul penelitian Fish scales as daily toothpaste, juara II Anggiansyah Pohan, Ega Kurnia, dan Kukuh Tri Pratama dari SMA Matauli Pandan dengan judul penelitian The utilization of bark for treating skin wounds, dan Juara III Saul Simamora, Wanda Ninda & Hesekiel Marpaung dari SMA II Balige dengan judul penelitian The Acetic orange peel.

Dalam kategori Environment Science, Fira Fatmasiefa dari SMA Chandra Kusuma (Juara I) dengan judul penelitian Sparkling gypsum board, Rio Ananta P, Angga Napitupulu dari SMAN II Balige (Juara II) dengan judul penelitian Bengkoang as a raw material of eco friendly biopolymer, dan Edrick Alvaro Oslo dari SMA Chandra Kusuma (Juara III) dengan judul penelitian Cat fish bones as natural preservatives.
Dan dalam kategori campuran, Bramasto Rahman Prasojo dari SMP Chandra Kusuma (Juara I) dengan judul penelitian LEDS as solar panels, Wilbert Osmond dari SMA Chandra Kusuma (Juara II) dengan judul penelitian Chaotic caesar encryption, dan Raja Khoiriyah, Regina F serta Yessi Monalisa (Juara III) dengan judul penelitian Jaring laba-laba beda tapi teratur. Dan ada juga seorang siswa lain yang bernama Cedric Anthony Terance yang mendapatkan juara II dalam kategori poster favorit pilihan pengunjung dengan judul penelitian The effect of storage temperature on the quality of sunkist.

LPBSU sendiri terlaksana atas kerjasama Tim Centre for Young Scientists (Surya University) Jakarta dengan Heartindo, Medan.
Para pemenang yang menjadi juara di tingkat Propinsi ini berhak mengikuti seleksi pada Lomba Peneliti Belia tingkat nasional 2016 di Jakarta, dan jika keluar sebagai pemenang akan diikutsertakan pada lomba tingkat internasional di ajang ICYS (International Conference of Young Scientists) 2016 di Rumania, atau tingkat Asia Pasifik di ajang APCYS (Asia Pasific Conference of Young Scientist) 2016 di Beijing.
Selamat kepada para siswa/i, guru pembimbing, dan orang tua murid.




















Comments